Pengalaman Interview SPV HR di Matahari Department Store

Hallo,  i come back...
Uda lama ga posting nih,  akibat galau melanda tes PLN cuma sampai tes Akding doang,,  huhuhu syedih akutuh.. Setelah bangkit dari kesedihan yg melanda aku mau bagi-bagi uang nih sama kalian, eitttss ga deng.  Hehe,  mau bagi-bagi cerita aja,  mana tau kan bermanfaat gitu..
Tgl 30 maret 2019, aku dapat kabar via sms dari hrd MDS buat interview user tgl 01 april pukul 14.00 wib di Matahari Medan Mall,, awalnya aku ngira "bukan april mop kan ya?  Emang kmarin aku ngelamar bagian apa? Duh, HR bkn ya?" mikir sejam di kamar mandi.  Kenapa bisa lupa? Because, aku tuh masukin lamaran uda lama banget,  di bulan januari waktu ikut jobfair loh. Yaudah lah aku coba datengin aja.
Besok nya aku dtg ke Medan mall jam setengah dua siang udah stay di kantor karyawan matahari nya.  Disana kami ada 5 orang yg interview.  Sebelumnya kalian pasti mikir "kok langsung interview user ya? ",  sama! Aku sama 4 teman ku itu juga mikir,  kok gk ada psikotest kayak biasa ya?  Entahlah sampai saat ini kami juga gatau,  rejeki anak baik kali yee,,  wkwkwk
Skiiippppp...
Setelah sejam menunggu akhirnya kami dipanggil satu persatu buat interview, aku kebagian nomer dua. Yg interview wanita yaa,  ibu nya baik, asyik,  top deh pokoknya, ngeliat ibu itu bikin aku mikir "ntar kalo aku jadi bagian hrd aku mau ngeinterviewnya kayak ibu ini aja, pertanyaan ibu ini mengingatkan aku waktu sidang sarjana, setiap jawaban aku dibuat lagi jadi pertanyaan. So, kalian hati-hati yaw kena jebakan batman xixixixi.  By the way,  aku uda sarjana loh temen-temen,  yg baca postingan aku sebelumnya pasti taulah,  hehehe
Oke, langsung aja yaa pertanyaan yg aku hadapin apa aja akan aku tulis disini.
Cekidooottttt,,,
The first,  perkenalan diri kamu and your family.  Just for info,  kalo ada pngalaman kamu langsung katakeun, itu bisa buat sang hrd langsung terpikat eyaaakkk
Terus aku ditanyain juga alasan knapa milih jurusan mj. SDM, ditanyain materi kuliah juga,  brhubungan bagian rekrutmen disitu ditanya jika aku di posisi hrd, kriteria yg bagaimana yg akan aku rekrut, trus langkah" rekrut, lalu dikasi kasus mengenai dunia retail yaa,  kita disuruh memberikan solusi,  wah,,  ternyata ada juga manfaat ngerjain soal kasus waktu kuliah dulu wkwkwk padahal dulu paling males kalo ujian soal kasus,  capek hati capek pikiran dan capek tangan buat ngejabarin itu permasalahan,  alhamdulillah ala bisa karna biasa ehehe..
Pasti penasaran apasih yg ditanyain?  Oke,  waktu itu aku ditanyain kalo aku sebagai spv hr udah merekrut karyawan bagian penjualan/spg/kasir sesuai dengan kriteria dan kamu menilai bahwa mereka sudah baik tetapi kenyataan yang kamu temukan pada saat bekerja malah sebaliknya,  karyawan yg kamu rekrut berbicara/gosip dgn kawannya pada saat bekerja,  apa yg kamu lakukan sebagai spv hr yg kebetulan saat itu lagi berada di wilayah kerja. Jelaskan!  Waktu itu aku jawab serinci nya diawali dgn teguran dan ditutup dgn kata "memarahinya".  Hehe
Pasti kalian juga brpikir gitu kan?  Tapi tak segampang itu ferguso,  pewawancara langsung nanya "kalo karyawan tersebut mengadu ke spv area/atasan mereka gimana?  Lalu spv area komplain dikarenakan tdk terima ank bawahannya di tegur/dimarahi?  Jelaskan!  Deng (eng ing eng)  kalo ini ujian tertulis mungkin aku bisa lancar ngejawabnya karna masi bisa berpikir merangkai kata",  lah ini interview cuyy,  gagap gagap deh lu!  Wkwk but alhamdulillah sekali lagi bisa di atasi,  thank you ibu dosen akuh yg uda sering ngasi soal kasus waktu kuliah, bermanfaat loh ibu,,  emmuaahh 3x
And next , aku ditanya lagi nih,  kalo ada karyawan yg ketauan nyuri, apa yg akan kamu lakuin? Oke,  disini aku jawab PECAT!  wah kamu org nya kejam yaa wkwkwk (aku? kejam? Hahahaha dulu pernah, *iklan pantene* ) sambil ngibasin rambut yg berketombe *gak ding
Oke,  disini pertanyaan gk akan berhenti dengan mudahnya,  setelah aku jawab PECAT please add your opinion,  why your choice jatuh same kata pecat?  Masi ada SP 1, SP 2, SP 3 kan?  Coba deh jelasin yee sampai itu pewawancara yakin sama jawaban elu,,  intinya kamu jgn pernah sekali-kali ragu dalam ucapan yg keluar dari mulut engkau wahai saudara. Hiiiaaaaaa
Next, aku ditanyain kalo aku diterima jadi spv hr,  training yg seperti apa yg bakal aku terapin untuk karyawannya.  Hahahah bingung kan elu,  same aku cukup lama terdiam eh ga dung,  3 menit aja,  awalnya aku ngejawab itu secara teori dan logika,  ternyata bkn itu teman",  pewawancara mau lihat ke prakteknya,  bingung kan?  Untung deh dikasi klue "praktek", baru mudeng mau jawab apa. Pemisalan kayak mugari nih,  training nya ada kelas untuk announcement,  beauty class,  trus pmadan kbakaran,  berenang di laut,  jelajah hutan, praktek safety,  praktek pemberian nafas buatan,  mengecek nadi dll... Terus kalo di dunia retail bagian penjualan apa training nya yg mau elu terapin gituh.
And last,  ditanyain bersedia di tempatkn dimana saja?  Dan berapa nominal gaji yg diharapkan.  Okayy sampe disitu,  pewawancara blg akn dikabarin dua minggu lagi.
Skip,,, dua minggu pas,  gk dapet kabar,  apa karena nomer aku yg ganti ini yaa makanya gadapat kabar,  oke deh aku beraniin diri buat sms in hrd nya,  dan dijawab, maaf untuk spv hr kebetulan sudah terpenuhi,  apakah anda bersedia untuk spv area?  Kalau iya,  kita akan proses selanjutnya.  Dan aku lgsung jawab,  bersedia.  Lalu dijawab,  baiklah saya akn kabari ke HO untuk phone interview selanjutnya ya.  Oke,,  dan ini udah 4 hari blm ada phone interview dri Matahari nya,  aku akn tunggu seminggu atau dua minggu yaa,,  kalo lulus thap selanjutnya aku bakal posting,  kalo enggak yauda sampai disini ajaa yeee,,  okayy thank u for your attention gaes. Pssttt,  aku yg kerudung cream.

Hai haiiii,,  aku mau ngasi kabar baik nih,,  wkwkwk ternyata oh ternyata aku lolos interview user kmarin bagian SPV area.  Wah keren ga tuh?  Matahari ini bkn kaleng kaleng 😂
Sebenernya bukan itu intinya, karena ini bukan kue klepon yg pake inti-intian hahaha
Dihhh,,  serius aelah!!
Sebenernyaaaaaa,,,, aku lolos. Iyaaa lolos ke tahap selanjutnya, tapi masalahnyaa kenapa oh kenapa wahai ibu hrd lama sekali pengumumannya 😴 aku selak uda kerja jadi BA wardah wahai ibu hrd,  uda jalan sebulan malah. Aku uda ngerasa nyaman dgn tempat, sistim, dan teman kerja yg sekarang.  Walaupun banyak sih yg bilang aku "bodoh karena gak mau lanjutin tahap selanjutnya" yaah it's okey deh, karena aku punya alasan yg mungkin sebagian orang kalau dengar bakal bilang "cemen lu!".  Hahaha biar kan aku jadi diriku sendiri,  terbang sebebasnya tanpa melanggar batasannya.
Hmm,,  uda segini aja yee,,  cuma mau cuhat ajaaa siihh,,  makasii yaaa,,  buat semuaanyaa yg uda ngeluangin waktunya buat mampir apalagi yang mau baca sampai akhir titik ini (.)  😂

Comments

Popular posts from this blog

Interview Beauty Advisor PT Paragon (Wardah)