Pengalaman tes pramugari


Hello,
   Disini saya mau berbagi tentang pengalaman pertama saya dalam tes pramugari di salah satu maskapai di indo. Yupzz, siapa sih yg gk kenal dgn Lion air dibawah naungan PT. Angkasa Pura II (Persero). Ok.. capcus aja kali ya..
Menjadi seorg pramugari adalah cita-cita saya sejak di bangku SMP. Saya tuh gatau ya kalo tamatan SMA trnyata bisa mndaftar tes mugari. Maklum lah saya dulu berada di kampung yg sosmed hanya bbm saat itu lgi populer..  Dan saya jg gk aktif bersosmed apalagi ke mbah gugel.. sayang uang ny buat k warnet mnding beliin bakso.. wkwkwk
Sampai pada akhirnya saya hijrah k medan untk kuliah, disanalah saya bnyk mndapatkn info ttg mugari. Dan penantian saya akhir nya tercapai..
Hello februari 2018 "walk in interview in medan bro" jarang tau di medan...
Sumpah ya seneng bingits, saking semangatnya 2 minggu sblm tes saya pulkam noh buat ngelengkapi berkas yg dibutuhkn, berkas ny tuh ad cv, surt lamaran, skck, surt ksehatn, srt ksehatn mata, photo, ktp diri ortu, ijazah, akte,srt ktrgn blm mnikh, KK..
Okey.. dan itu semua gk lepas dari bantuan my mommy ... uuhh sayang bget ya Allah sama mmak yg ud panas-panasan bolak balik nemeni ngurus surat-surat dr kntor lurah, kntor polisi, puskesmas, RS. Nd saat itu dlm hati brdoa "ya Allah jgn kecewain mamak ku, bntu aku ya Allah" uhh asli mewek pas di boncengin mmak.. tapi diem diem ya guys nangisnya.
Ok.. brhubung saya kurus binggo, saya k dokter konsultasi.. dn dikasi vit. Nafsu makan guys.. wkwkwk  dokter ny blg "10 hari lagi ya utk 4 kg? Gk bisa scepat itu, tapi coba aja, pola mkn di atur.
Skip..
Waktu nya tiba, tes dilksanakn di samping gdung tdc tnjung morawa.. wow jauh bnget dri tmpt ku yg dr pdg bulan ini..aplagi tes dmulai jm 9 pgi.. tpi gpp demi cita-cita.. gue naik grab car .. trnsport plus mkn siang hbis 200 rebu kankawan.. takpelah...
Sampai disana rame bnget tau,100 lebih ada, dn mreka tuh cntik", tinggi, bohay.. ya apalah daya saya yg kurus ini.. kbanyakn pada diantar sma ortu, abg adik, pacar.. saya mah mandiri (mandi sendiri) hehehe
Jm 9.30 peserta diharapkn masuk ke ruangan yg bner" tbatas guys, gue desak"an sama peserta yg lain dn trnyata semua bngku ud penuh, saya nd yg lain pada bediri dn ad yg diluar krna gk muat..
"Mbak yg berdiri silahkan registrasi".. eh, gue kaget tau, gue yg pertama, padaln gue bediri, kirain yg ud duduk mnis di bangku duluan.. sumpah gue jdi bhan tontonan, berasa artis.. anjayyy hahaha gemetaran tauk.. ok saya serahin potokopi ktp sama photo postcard dan 3x4 ... setelah di input sama mbak nya saya dsuruh bediri dkt dinding yg ud ad meterannya... gue diukur tb 161 cm.. bb 47,8 kg.. kurus kan? Iyeee..
Ok gue lulus di tinggi nya.. brt bdan masi dprtimbngkn saat itu.. pokoknya klian yg bb ny under 4 kg kayak aku gpp coba aj.. asal bkn tinggi ny yg kurg dr 160 cm.. itu bkal lngsung gugur.. iya kita sistem ny sistem gugur..
Trus gue dsuruh naik ke lantai atas .. sumpah gue pserta pertama.. deg deg an.. duduk pling depan.. akhirnya satu persatu masuk ke ruangan yg gue tempati.. disitu kita dsuruh ngisi biodata.. stelah itu dibagi bbrp klompok.. satu klompok ad 6 org.. kita dsuruh berdiri dn pstiny ala ala mugari ya guys... disitu kita ditanyain nma, alamat, trus diperhatiin atas smpe bawah.. klo ad yg aneh dikit lgsung ditanyain.. kayak gini ni "telinga kmu knp bisa kecil sebelah?" Hahaha sumpah pngen ngakak.. tpi ttp jga image tauk..  trus klo make up ny ketebalan dsuruh hapus guys, mbaknya pngin liat muka asli kita, wow trnyata bnyk ya yg g gk secantik makeup nya.. aslinya msi ad yg jerawatan trus bopeng gtu. Lgsung gugur klo bgitu mah.. oke dri 6 org td dipilih 3 org tiap klompok ny.. yg gk kpilih lngsung pulang k rumah masing".. dn alhmdulillah aku kpilih.. oiya ini nmanya test perfomance y guys.. tpi bnyak bagian bagiannya... diliat dr atas uda ad 2 bagian atau tahapan yaa... tahapan slnjutnya adalah tes keseimbngan badan.. kita dsuruh angkt kaki sebelah lh, angkt tngn lurus bengkok kah.. klo kita prnh kcelakaan.. mereka lgsung tau loh guys, krna tbuh kita gk sanggup mnjga kseimbngan lbh dr 5 mnit.. lgsung goyang.. itu fatal bnget.. lgsung gugur.. soalny kita di pesawat bnyk brdiri yg msti jga kseimbngan bdan, sama kayak mobil klo jln di atas batuan.. pesawat di ats awan.. goyang".. klo gk seimbang masa iya mugari ny jatoh pas lagi demo kselamatan.. viral dong.. hehehe
Stelah itu istirahat jm mkn siang, jm 2 sore balik lagi, dimulai dgn tes wawancara sma mbak nya.. dsitu kita ditanyain ttg wawasan umum lh.. bndara.. prknaln dlm bhsa inggris.. pkoknya sesuka mbaknya deh.. siap" aja.. ok
Yupss... ud selesai.. dn peserta tinggal 23 org dr ratusan bro.. alhmdulillah ya Allah...
Penentuan akhir.. kmi dipanggil 3 org kdpn.. di liat atas bawah.. mncari yg pling bagus dri yg bagus.. yaiyalah kita sisa 23 org.. itu lulus smua tahapan perfomance loh.. tapi sayangnta yg dibuthkn hnya 15 org guys.. mkanya deh kmi dikumpulin lgi buat dipertimbangin.. dibanding bandingkn antar peserta... and finally, gue gk lulus buat k tahap brikutny di jakarta guys.. sedih? Bnget.. ud jam 5 sore loh.. tinggal pnentuan akhir.. mungkin 4 kg ku yg jd prtimbangan.. klo peserta yg tinggal 15 org.. mungkin gue lulus k thp brikutnya tauk... tapi gpp deng.. jd pngalaman.. nd bangga pertma kli ikut tes.. masuk 20 besar dr ratusan org euy... nnti kita coba lagi.. skrg hikmah nya saya bntar lagi sidang.. bntr lagi jd sarjana.. klo lulus pasti kuliah jd brntakan.. mngkin Allah maunya aku jd sarjana dulu.. hehehe
Ok, sekian deh pngalaman dr saya.. smoga anda smkin trmotivasi mnggapai cita-cita nya...
Thank you.


Comments

  1. Halo kak, kemarin hari sabtu aku ikut walk in interview PT.Paragon. disana aku lolos tes TB/BB lalu lolos interview dan sudah psikotest, dan akan di hubungi seminggu lagi untuk training, jika begitu apa positif kita akan dipanggil atau gimana ya ka? Lalu untuk waktunya paling lama brp hari? Soalnya aku deg2an banget takut gak lolos psikotest nya.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngelamar bagin apa adeknya? Optimis aja ya,, jgn lupa berdo'a juga oke :)

      Delete
    2. Beauty Advisor juga kak, wktu kaka dari interview lgsg ada pengumuman lolos ke training nya ya?

      Delete
    3. Iya dek,, kk langsung dikabari buat hadir trainingnya

      Delete
  2. halo kak mau nanya itu tinggi badan asli dikurangin ya pas pengecekan?

    ReplyDelete
  3. halo kak mau nanya itu tinggi badan asli dikurangin ya pas pengecekan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Interview Beauty Advisor PT Paragon (Wardah)

Pengalaman Interview SPV HR di Matahari Department Store